Jumat, 29 November 2013

[Book Review] SeoulVivor

Gimana jadinya kalau dua orang K-popers menuangkan perjalanan mereka ke Korea dalam sebuah buku? Menarik, seru, dan yang pasti, bikin envy! XD

Cover SeoulVivor (sumber dari sini)

SeoulVivor

Buku traveling pertama yang secara spesifik membahas wisata Hallyu ini merupakan catatan perjalanan dari Lia Indra Andriana dan Tatz. Meskipun menulis berdua, mereka tidak melakukan perjalanan bersama-sama. Namun, karena itulah cerita mereka menjadi saling melengkapi dan sangat beragam.

Selain untuk K-popers, buku ini juga bisa dinikmati oleh siapa saja yang ingin melakukan perjalanan ke Korea karena dilengkapi oleh penjelasan general. Diawal, dijelaskan secara singkat mengenai Korea Selatan. Mulai dari pembagian kota, iklim, mata uang, bahasa, sampai ungkapan-ungkapan umum yang bisa digunakan ketika kita berkunjung ke negeri gingseng tersebut. Tidak hanya itu, penulis juga menjelaskan mengenai pembuatan visa (beserta pengalaman pribadinya), akomodasi dan transportasi (lengkap dengan harga dan web untuk mendapatkan informasi lebih lanjut), macam-macam pertunjukkan, sampai layanan tour guide gratis!

Lia menceritakan pengalamannya berpetualang di Korea bersama seorang temannya secara lugas dan detail, membuat pembaca seperti ikut merasakan perjalanannya (atau malah menjadi ingin merasakan perjalanan seperti itu?). Cerita Lia dimulai dari bagaimana ia mendapatkan tiket murah, mengurus visa, sampai memilih untuk tidak ikut tour dan tinggal bersama Youngho (kenalannya dari Korea). Setiap tempat wisata (di Seoul dan Pulau Nami) yang ia kunjungi dijelaskan secara singkat disertai dengan harga tiket dan cara untuk pergi kesana.

Bagian yang paling menarik tentu saja bab Hallyu Wave Journey, dimana Lia dan Tatz menceritakan perjalanan mereka di Korea yang berhubungan dengan Hallyu (Fangirling maybe?). Lia menceritakan mengenai lokasi-lokasi syuting K-drama dan kantor-kantor agensi K-pop. Tapi bagian yang paling bikin envy (untuk saya) adalah saat Lia menceritakan pengalaman Mas Bambi mengunjungi kantor JYP Entertainment. Mas Bambi yang menerima beasiswa CPI tahun 2008 lalu berkesempatan untuk menjelajahi kantor salah satu agensi terbesar Korea itu. Mas Bambi bahkan berkesempatan untuk melihat 2PM latihan dan berfoto bersama Nichkhun! (envy tingkat dewa)

Foto yang paling bikin envy~

Lain halnya dengan Tatz, ia menceritakan perjalanannya mengunjungi lokasi-lokasi yang berhubungan dengan K-pop. Tatz berwisata kuliner ke toko es krim milik Ibu Yoochun JYJ, restoran ayam goreng milik Shinhwa, toko pizza milik orang tua Junsu JYJ, dan berkunjung ke toko kacamata milik ayah Taeyeon SNSD. Semua tempat itu dihiasi oleh pernak-pernik dari sang artis pemilik. Fans bahkan bisa meninggalkan pesan di papan atau dinding yang telah disediakan dengan harapan bisa dibaca oleh sang artis.

Selain itu Tatz juga menjelaskan dimana kita bisa mendapatkan CD dan Merchandise K-pop murah serta pakaian dan kosmetik dengan brand yang sering dipakai oleh para K-idol. Tatz juga memaparkan bagaimana cara mendapatkan tiket menonton acara musik di Korea. Dan perjalanannya diakhiri dengan menonton SBS Inkigayo serta Musical Theater Show.

Semua halaman buku ini dibuat full color, sehingga kita bisa melihat foto-foto yang ditampilkan dengan jelas (termasuk foto Mas Bambi bersama Nichkhun T.T). Tak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan contoh itinerary, perkiraan anggaran biaya, sampai fakta-fakta unik tentang Korea yang jarang ditemukan di internet. Bahkan kita juga mendapatkan kupon diskon yang bisa digunakan saat ke Korea dengan masa berlaku yang cukup panjang. SeoulVivor merupakan panduan lengkap bagi K-popers maupun non K-popers yang ingin berwisata ke Korea Selatan. I give this book 9 points out of 10 points! ;)

Judul: SeoulVivor
Penulis: Lia Indra Andriana & Tatz
Penerbit: Penerbit Haru
Tebit: Desember 2011
Tebal: 219 halaman full color
Genre: Non fiction, traveling book
ISBN: 978-602-98325-2-5
Harga: Rp. 51,000.00


NB:
Tadinya mau aku kasih 10 points, tapi gak jadi karena ada bagian yang bikin envy~ #tetep

NB (lagi):
Review ini juga dimuat di website Yes 24 Indonesia ;)

4 komentar:

  1. Aku jadi pingin ke korea deh. tapi satu2nya tempat yang pingin aku kunjungi di Korea adl yongin, karna di sana ada belahan jiwaku (っ´▽`)っ ♥

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, semoga bisa kesampean ya ke Korea-nya ;)
      makasih udah berkunjung kemari~ ^^

      Hapus
  2. harga berapa ini? full color pasti mahal -_-
    korea? klo ke korea pngen ke tempat oplas"nya kayak gmn :3
    mw ngoplas kucingku xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya 51rb, tapi kalaubeli online biasanya ada diskon~
      waduh, masa kucingnya di oplas, mau dimiripin sama siapa? :p

      Hapus