Senin, 09 September 2013

[Movie Review] Secretly and Greatly

Sebenernya aku nemu film Secretly and Greatly ini ga sengaja. Waktu ke warnet buat ngopi running man, iseng-iseng aku buka folder Asian Movie. Niatnya sih cuma mau liat film barunya Junho yang Cold Eyes udah ada apa belum (dan ternyata belum ada), eh malah adanya film ini.

Aku tahu film ini sejak bulan puasa kemarin, waktu googling film korea apa yang seru buat ditonton. Waktu itu aku baca artikel di detik tentang 5 Film Korea Terlaris 2013, dan salah satu diantaranya ya film Secretly and Greatly ini. Begitu baca ulasannya aku langsung putuskan harus nonton film ini. Bukan, bukan karena film ini masuk 5 film korea terlaris ataupun penontonnya di korea yang mencapai hampir 7 juta. Aku pengen  nonton film ini karena pemerannya, muahaha :p

Ada tiga orang main cast di film Secretly and Greatly, dan tiga-tiganya cowok ganteng! Siapa coba yang tidak tergiur buat nonton? Pemeran utama dari film ini yaitu Kim Soo Hyun. Iya Kim Soo Hyun yang itu, yang jadi ganteng setelah potong rambut di Dream High, sama yang jadi raja di The Moon That Embraces The Sun itu!

Tapi bukan dia yang bikin aku pengen nonton. Aku pengen nonton karena ada berondongku, Lee Hyun Woo~ Itu loh yang unyu banget di God of Study, sama yang rambutnya kaya jamur tapi jadi cakep setelah potong rambut di To The Beautiful You! Kyaa, come to noona Hyun Woo-ya~

Selain mereka berdua ada juga Park Ki Woong. Aku ga tau dia pernah main di film atau drama mana, tapi dia lumayan ganteng juga kok. Sayang di film ini rambutnya kuning, jadi mengurangi nilai kegantengan dimataku. *apa sih*

Dari kiri ke kanan, Park Ki Woong - Kim Soo Hyun - Lee Hyun Woo

Berhubung ingatanku cuma 2 detik, meskipun aku udah baca sinopsisnya tapi waktu nonton aku lupa sama sekali film ini tentang apa. Kalau dilihat dari posternya, 3 cowok ganteng berjajar, yang satu unyu banget pake seragam sekolah gitu, aku kira film ini tentang kehidupan sehari-hari biasa.

Begitu lihat scene pertama aku langsung bengong. Ditengah kegelapan ada satu cowok ganteng pake seragam polisi gitu ketemu sama laki-laki yang udah agak tua dengan seragam yang sama tapi dia punya luka di pipi, sumpah serem banget! Scene selanjutnya aku tambah bengong. Si cowok ganteng tadi yang ternyata Kim Soo Hyun tiba-tiba berubah jadi autis…. Ini sebenernya film tentang apa?? >.<

Oh well, aku sebenernya ga akan sebingung ini kalau subtitlenya bener. Masalahnya, subtitle dari warnet itu ngaco banget. Udah pake bahasa inggris, susunan katanya ngaco pula. Aku jadi harus berpikir keras buat ngerti jalan ceritanya….

Akhirnya setelah terbengong-bengong selama beberapa menit aku mulai bisa ngerti ini film tentang apa. ini film tentang mata-mata Korea Utara! Jadi Kim Soo Hyun itu salah satu pasukan Korea Utara yang ditugaskan menjadi mata-mata di Korea Selatan. Dan selama menjadi mata-mata dia berperan sebagai anak autis gitu. *manggut-manggut karena berhasil paham*

Dari posternya siapa sangka ini film mata-mata!

Jadi ceritanya, Won Ryu Hwan (diperankan oleh Kim Soo Hyun) adalah seorang prajurit (atau apa ya disebutnya? Ya udahlah, prajurit aja kali ya~) berbakat Korea Utara yang sudah dua tahun diutus sebagai mata-mata di sebuah perkampungan di Korea Selatan. Disana dia berpura-pura sebagai orang autis dan menumpang tinggal ditempat seorang ibu yang sudah menolongnya. Waktu pertama kali datang kesana Ryu Hwan memang dalam keadaan sekarat dan ditolong oleh ibu tersebut. Karena itu Ryu Hwan, atau yang di Korea Selatan memakai nama Bang Dong Gu, bekerja di toko ibu tersebut. Dong Gu yang selalu bekerja keras membuat ibu tersebut menganggapnya sebagai anak keduanya.

Dong Gu yang (berpura-pura) autis sering diganggu oleh dua orang anak kecil kakak beradik. Dia juga sering digoda oleh seorang perempuan seksi yang tinggal di dekat situ. Dong Gu diam-diam juga tampak menyukai seorang gadis meskipun adik gadis itu tidak menyukainya dan selalu memukulnya. Ditengah penyamarannya dia terus menunggu misi dari atasannya di Korea Utara.

Suatu hari, datang seorang mata-mata lain yang ternyata adalah saingan RYu Hwan saat masih menjadi trainee dulu. Lee Hae Rang (yang diperankan oleh Park Ki Woong) juga mendapatkan tugas sebagai mata-mata di Korea Selatan. Ia juga tinggal didaerah tersebut dan mendapat peran sebagai seorang rocker. Masalahnya Hae Rang tidak bisa bermain gitar, dia selalu ditolak setiap mengikuti audisi.

Disaat pasukan keamanan Korea Selatan mulai curiga dengan keberadaan mata-mata Korea Utara, muncul lagi satu mata-mata di daerah tersebut. dia adalah Ri Hae Jin (diperankan oleh Lee Hyun Woo) yang sepertinya (sepertinya loh ya, aku ga yakin karena subtitlenya juga membingungkan) ditugaskan untuk membunuh  mata-mata yang mulai membangkang. Kalau ga salah dia juga yang ngebunuh pemerintah Korea Selatan yang mulai curiga sama keberadaan mereka. Hae Jin yang ternyata sangat menghormati Ryu Hwan ini menyamar sebagai seorang anak SMA (emang pas banget!).

Anak SMA yang unyu ini sebenarnya mata-mata!

Misi yang mereka nantikan pun akhirnya tiba. Namun kenyataannya misi tersebut tidaklah seperti apa yang mereka harapkan. Ending dari film ini sungguh tidak terduga. Pokoknya nih ya, siapin aja tisu yang banyak sebelum melihat nasib tragis yang menimpa ketiga cowok ganteng ini! (duh, spoiler!)

Scene yang paling aku suka itu saat flashback menjelang akhir film. Trio mata-mata ini ngobrol sambil ngupasin ikan (sungguh aku ga tau apa yang mereka lakukan sama ikan-ikan teri itu), mereka cerita mau jadi apa kalau terlahir kembali. Menurutku itu scene paling mengharukan! *ambil tisu*

Saat trio mata-mata mengupas ikan (?)

Yang mengecewakan dari film ini cuma satu, ga ada adegan romantisnya! Aku kira sedikitnya bakal ada adegan Dong Gu sama cewek yang disukainya itu, ternyata ga ada sama sekali. Dan tampaknya film ini juga mengisyaratkan kalau ga ada kata damai diantara Korea Utara dan Korea Selatan, meskipun konflik utamanya di antara Korea Utara sendiri. Over all, filmnya keren! I give 8 points out of 10 points~ ;)

Movie: Secretly and Greatly (English title)
Director: Jang Cheol Soo
Writer: Hun (based on webcomic)
Release Date: June 5, 2013
Runtime: 124 min
Genre: Action, Drama, Comedy
Language: Korean
Country: South Korea

“Aku ingin terlahir kembali dan hidup di negara yang biasa. Di keluarga yang biasa.” – Won Ryu Hwan, Secretly and Greatly. 

11 komentar:

  1. "sekedar blogwalking dan follow-follow"

    Followback blog gue ekienglandmuse.blogspot.com ya bro . . .

    #SalamBlogger

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. silahkan, dijamin seru~ yah, meskipun agak serius tapi pemerannya yang ganteng-ganteng cukup mengobati kok :p

      Hapus
  3. wah fans nya running man ternyata :D
    ganteng2? wah ini mah buat cuci mata diri mu, wkwk

    klo saya cari yang cantik2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa :D
      wah, kalau di film ini ga ada tokoh perempuannya.. ada sih, tapi ya bukan pemeran utama~

      Hapus
  4. sebenernya yg di kupas bkan ikan,,,gingseng klo g salah,,,trus Park Ki Woong itu main di serial full house (take) 2 klo g salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ikan looh, ikan teri~ :)) *hasil googling*
      full house 2 ya? aku belum nonton sih, bagus ga?

      Hapus
  5. romantisnya? ada kok! waktu Ryu Hwan meluk Hae Jin di gang sempit, terus waktu Ryu Hwan makein Hae Jin kupluk(?), terus waktu Ryu Hwan ngelindungin Hae Jin diatas gedung. Nah, tuh romantis pan? :D*dihajar masa*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya romantis sih, tapi ga cowok sama cowok juga -_-

      Hapus
    2. terakhir pas Ryu Hwan meluk Hae Jin di atas gedung, tatapan Hae JIn.. kyaaaa.. sumpah tu buing..buingg.. banget
      #penyakit fujoshi langsung kumat

      Hapus